KARYA ILMIAH PELUANG MENYEDIAKAN JASA DESAIN GRAFIS
Disusun Oleh:
Aji Zanuar Pamungkas
Aji Zanuar Pamungkas
15.02.9088
D3-MI-03
STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2015/2016
ABSTRAK
Kemajuan teknologi jaman sekarang memang sebuah langkah untuk menuju kejaman modern dimana semua aktifitas yang kita kerjakan tidak bisa lepas dari komputer atau alat bantu mesin yang membantu kita sehari hari. Dalam kemajuan ini merupakan suatu kesempatan bisnis yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, contohnya adalah dalam bidang desain grafis.Dalam bidang ini dapat mencakup berbagai peluang yaitu desain arsitek rumah,majalah,poster/ikla dan logo.Bisnis itu sangat menjanjikan dalam jaman modern sekarang.
ISI
Dalam era modern ini adalah dunia dimana semua orang mengiginkan segalanya instan dan mudah dalam menjalani hidup sehari-hari. Begitupula jika anda seorang desainer pasti memerlukan teknologi yang dapat mempermudah para desainer dalam menjalankan bisnis anda.
Membaca peluang bisnis dalam desain atau membaca peluang mendapatkan income,mencari uang dan penghasilan dalam mendesain adalah kunci kesuksesan dalam karis desain anda. Banyak yang mengira bahwa hanya sekedar kemampuan desain,pengalaman dan kerja keras sudah cukup untuk mencapai hal tersebut.
Cara membaca peluang bisnis desain yang baru :
- Ekspresi jiwa
- Banyak klien dipasar yang luas
- Membuat Studi Desain dan jalankan bisnis
- Bekerja secara Freelance atau paruh waktu
- Fleksibilitas ke arah Desain Website atau Desain Percetakan
- Kerja dari rumah menjalankan bisnis
- Kesungguhan dan kedisiplinanSeorang desainer grafis tidak hanya pandai dalam menggambar,mendesain,atau mengedit saja tetapi juga memerlukan sebuah strategi dalam berbisnis agar menghasilkan laba.Seorang desainer grafis tidak hanya pandai dalam menggambar,mendesain, atau mengedit saja tetapi juga memerlukan sebuah strategi dalam
berbisnis agar menghasilkan laba.Berikut adalah aplikasi desain grafis strategi kreatif dalam periklanan:1. Pentingnya Kreatifitas dalam merancang pesan
Kreatifitas adalah kemampuan menyajikan gagasan dalam atau ide baru.
Untuk itulah strategi merancang pesan sukses membutuhkan
pengembangan strategi kreatif dan eksekusi strategi kreatif.
2. Copy Platform
Seperti halnya proses promosi dan pemasaran lainnya , aspek kreatif
periklanan dipandu oleh tujuan dan sasaran yang spesifik.
3. Identifikasi Audien Sasaran
Identifikasi Audien Sasaran maksudnya melakukan identifikasi pada pasar
yang kita bidik atau melakukan segmentasi pasar.
4. Strategi Generik
Pendekatan Generik ditemukan oleh E.Poter. Pendekatan ini berorientasi
pada kunggulan biaya keseluruhan dan diferensiasi.
5. Strategi Preemtive
Strategi Preemitive serupa dengan strategi generik, tetapi menonjolkan
superioritasnya.
6. Strategi Unique Selling Proposition
Strategi ini berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak
memiliki oleh produk saingannya.
7. Strategi Brand Image
Sebuah merek atau produk diproyeksikan pada suatu citra (image) tertentu
(melalui periklanan)
8. Strategi Inherent Drama
Strategi Inherent Drama atau strategi karakteristik produk yang membuat
konsumen membeli.
9. Strategi Resonansi
Strategi ini tidak berfokus pada produk dan citra merek, tetapi lebih
berfokus pada situasi dan kondisi yang ditemukan yang menguatkan
pengalaman hidup konsumen.
10. Strategi PositioningGagasan umum strategi positioning adalah menempatkan sebuah produk
untuk mendapatkan posisi yang baik dalam benak konsumen.Sepuluh macam strategi tersebut merupakan suatu rencana dalam berbisnis yangsangat mempengaruhi tumbuh kembang bisnis dalam bidang desain grafis yang
anda bangun.REFERENSI
M. Suyanto, 2004, Everyone Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan, Andi
Yogyakarta
http://www.ahlidesain.com/membaca-peluang-bisnis-desain-tahun-2011.html
KARYA ILMIAH MENGUBAH KEGAGALAN
KARYA ILMIAH MENGUBAH KEGAGALAN
KARYA ILMIAH MENGUBAH KEGAGALAN
KARYA ILMIAH MENGUBAH KEGAGALAN
KARYA ILMIAH MENGUBAH KEGAGALAN
0 komentar